Tips untuk Penulis Pemula, Bincang Seru bersama Duajurai.co




 Facebook adalah  dunia maya pertama  yang menghubungkan saya dengan Bang Juwendra Asdiansyah (DuaJurai.co) Sebenarnya kami satu almamater (Universitas Lampung), tapi dulu tak saling kenal. Mungkin karena dunia pertemanan yang jauh berbeda. Saya di bagian utara dan timur,  beliau di bagian selatan, tenggara, barat daya dan sebagainya. Maklum, Bang Juwe sepertinya memang jurnalis dari zaman kuliahan. Sementara saya, penulis bukan, jurnalis apalagi, artis lebih enggak mungkin. Hihihi..

Lalu di satu masa, kami sempat tatap muka di acara khitan Nuh, putra sulung Bang Adian Saputra (Pemred Jejamo.com). Cuman sekedar say hello. Ngobrol-ngobrol di dunia maya, terungkap kenyataan bahwa ternyata Bang Juwe adalah kakak ipar Mbak Heni Puspita, mama blogger yang super keren, sahabat saya dari Tapis Blogger. Woow, bersyukur dan beruntung sekali saya bisa terhubung dengan manusia-manusia nyentrik  ini. Alhamdulillah.

Lalu dengan santun beliau mengajak saya bergabung di grup wa dengan nama ‘Pembaca duajurai.co” yang penghuninya bikin saya keder, minder n baper. Tapi syukurlah, berkat suntikan PD dari Bang Juwe, saya berhasil melewati masa transisi itu dengan bijaksana. :)



Hingga akhirnya beliau mengutus seseorang untuk bincang-bincang bersama #penulisbahagia ini (baca : ngobrol seru tentang kepenulisan dan buku), namanya Kak Fahima, mahasiswi FKIP Unila jurusan Bahasa Perancis yang sedang magang di duajurai.co.  Orangnya asyik, manis dan intonasi bicaranya teratur plus bersahabat.


Banyak yang kami obrolin. Mulai dari buku,  anak-anak, waktu menulis, bahkan ngorek-ngorek masa kuliah yang kalau dibikin novel kayaknya bisa ratusan halaman, wkwkwkwk.. Gimana enggak, coba. Lima tahun, eeuy! Pasti banyak cerita mengharu biru cetar membahagiakan. Uhuk!

“Apa saran Mbak Fifi untuk para penulis pemula?”

“Sederhana aja, Kak. Pertama, cinta membaca. Dua, semangat belajar, enggak mutungan alias pantang menyerah. Tiga, rendah hati dan mau mendengar. Empat, ikuti komunitas kepenulisan. Lima, berani dan percaya diri mengirim tulisan ke media,” jawab sang #penulisbahagia sembari memandang cangkir kopi yang nyaris kosong.


Kak Fahima khusyuk mendengar diselingi pertanyaan balik dari sayah. :)

 Well, karena sudah lebih dari satu jam dan saya ada janji akan menemui keponakan yang baru datang dari Jakarta dan akan balik lagi, jadi perjumpaan di salah satu tempat makan dan nongkrong deket rumah ini disudahi dulu. Alhamdulillah.



Terimakasih Bang Juwe, Kak Fahima dan Duajurai.co.
Semoga selalu menginpirasi dan menaburkan banyak kebaikan, ya. Aamiin.

Ini liputannya. Semoga berkenan. :) 


#FitriRestiana
#Duajurai.co
#BukuAkuCerdasMengelolaUang
#BukuPetualanganKeNegeriAkhlatusia
 #Gramedia
#TigaSerangkai

0 komentar:

Post a Comment