Buku Princess Muslimah dan 9 Mutiara kasih Sayang. Fitri Restiana dan Watiek Ideo





Judul Buku           : Princess Muslimah 3 dan 9 Mutiara Kasih Sayang
Penulis                 : Watiek Ideo dan Fitri Restiana
Penerbit               : Gramedia Pustaka Utama
Tebal Buku           :  128 halaman
Harga                    : 70.000
ISBN                    : 9786020335193
Cetakan                : Oktober 2016

Princess Muslimah

Behind the scene Buku Princess Muslimah dan 9 Mutiara Kasih Sayang

Ini adalah buku ketiga saya, masih duet dengan Mbak Watiek Ideo. Sebelumnya ada dua seri lain Mbak Watiek (saya tak terlibat), yaitu Princess Muslimah dan 9 Mutiara Akhlak, serta Princess Muslimah dan 9 Karakter Pemimipin Hebat. Alhamdulillah ketiga-tiganya ketjeeh.

Kalau seri Aku Cerdas berbentuk picture-book, kalau yang Princess ini namanya ilustrated-book, jumlah kalimat lebih banyak dan biasanya diperuntukkan untuk anak usia  7-12 tahun (walau tentu saja nggak saklek). Buktinya saya dan keponakan saya yang udah menjelang gadis, suka dengan buku ini, hehe.

Ada sembilan cerita tentang kehidupan para putri dengan ilustrasi yang cantik, menarik dan menggemaskan. Bisa dibayangkan para putri dengan gaun yang manis, penuh warna dan tak mewah, memenuhi kaidah dengan tetap mengedepankan khas anak-anak. Kebayang, kaaan? Hihihi
 
Bersama MbakNaqiyyah Syam, founder Tapis Blogger
Waktu kecil saya pernah membayangkan bahwa saya adalah Putri Minang yang hilang (healaaah.. imajinasimu, Upiaak, J). Ecaknya kan saya merantau ke Lampung, eh ternyata pas dirunut-runut ternyata saya ini keturunan darah biru. Jadilah saya menjelma sebagai putri sejati. Yang santun, ramah, penyayang, nggak suka marah-marah, sabar, dll, dsb, dsb. Mimpi banget, ya. Secara pada kenyataannya setelah dewasa saya jauh dari sifat sempurna itu, wkwkwkwk.

Ecaknya Princess Fifi :)

Eh tapi seenggaknya saya punya mimpi baik yang saya berusaha maksimal bisa mewujdkannya. Menjadi putri? Bukan, tapi menjadi perempuan solehah. (Tolong diaminkan, ya, Temans :) )

Well, inilah isi Buku Princess Muslimah dan 9 Mutiara Kasih Sayang

1.     Putri Husna dan Sahabat dari Desa oleh Fitri Restiana
2.     Tamu dari Jauh oleh Fitri Restiana
3.     Perjalanan Pelipur Lara oleh Fitri Restiana
4.     Sepatu Spesial oleh Fitri Restiana
5.     Sebotol Susu dari Putri Afifah oleh Fitri Restiana
6.     Sahabat Istimewa oleh Watiek Ideo
7.     Siapa yang Salah? Oleh Watiek Ideo
8.     Ide Putri Rania oleh Watiek Ideo
9.     Rencana Sang Pangeran oleh Watiek Ideo

Putri Husna dan Sahabat dari Desa

Putri Husna adalah seorang putri kerajaan, sementara kelima sahabat barunya adalah anak-anak desa dari kalangan biasa.

Meski berbeda latar belakang, Putri Husna tidak mempermasalahkannya. Begitu pula sebaliknya, kelima sahabatnya tetap percaya diri sesuai kemampuan mereka untuk menghibur Putri Husna yang sedang sakit. Tidak disangka, Putri Husna menyukai ubi rebus dan kue sederhana buatan mereka. Bagaimanapun, persahabatan yang tulus jauh lebih istimewa. Alhamdulillah.


Tamu dari Jauh

Islam mengajarkan kita untuk saling bertoleransi dan berbagi. Saling bertoleransi adalah kunci utama dalam menghargai perbedaan. Ini terlihat dalam persahabatan antara Putri Fitria dengan Putri Keisha.


Kedua putri itu juga saling berbagi cerita tentang kebiasaan baik. Putri Fitria memberitahu manfaat bangun pagi kepada Putri Keisha, sementara Putri Keisha menganjurkan Putri Fitria untuk merapikan dan menghargai barang-barang yang ia punya. Berbagi itu tak selalu berupa barang, namun bisa juga tentang pengetahuan.  Oh iya, Keisha adalah nama putri tercintanya Mbak Watiek, yang manis, sabar, penyayang dan ramah.  Terimakasih, Kak Keisha solehah J


Sepatu Spesial untuk Putri Nisa

Allah SWT tidak menyukai seseorang yang bersikap berlebihan dalam menginginkan sesuatu. Seperti sikap Putri Nisa yang memaksa ingin memiliki sepatu kaca hingga dia lupa bahwa ia perlu menyukuri apa yang ada di sekelilingnya.
,
Tak perlu memaksakan diri memiliki suatu barang jika itu bukan kebutuhan. Ingat, persaudaraan dan persahabatan dan kasih sayang jauh lebih penting dari itu semua.

Naah, penulisan ini cerita ini seru, looh. Kami berdua sampe ngegugel-gugel nyari sepatu untuk Putri Nisa. Mulai dari model, warna, bahkan bahannya. Segitunya? He em. Mungkin karena  saya dan Mbak Watiek kan orangnya enggak gegayaan n sukanya yang santai plus sederhana, jadi agak bingung cari yang pas n ngetren, hihihii..


Sebotol Susu dari Putri Afifah

Senang sekali melihat orang lain tersenyum menerima kebaikan dari kita. Kesederhanaan dan kejujuran Ikhlas sangatlah luarbiasa. Itulah yang membuat Putri Afifah tanpa ragu memberinya sebotol susu tambahan. Putri Afifah juga dengan tulus mendoakan ayah Ikhlas agar lekas sembuh. 

Sudah kewajiban bagi sesama untuk saling memberi kebaikan dan mendoakan. Kamu ingin melakukannya juga?

Sahabat Istimewa

Setiap muslim harus bershadaqah. Bershadaqah pun ada berbagai cara. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Kirana yakni membantu memudahkan urusan orang lain.

Kirana tak segan membantu nenek yang kesulitan menyebrang dan mencari ibu dari anak kecil yang tersesat. Apa yang dilakukan oleh Kirana akhirnya menginspirasi Putri Kayla bahwa berbagi kasih sayang bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana dengan berbuat kebaikan bagi sekitar kita.


Siapa yang Salah

Berkisah tentang si kembar Salma dan Salwa yang sering sekali bertengkar karena banyak hal. Mulai dari membereskan kamar, mencari barang yang hilang, meletakkan pakaian kotor, sampai merapihkan mainan. Semuanya bisa jadi bahan keributan.

Padahal, saling menyalahkan seperti yang dilakukan oleh Putri Salwa dan Salma hanya akan menghabiskan tenaga dan waktu. Untung saja kakak mereka, Putri Kenia, berhasil menemukan cara untuk mendamaikan keduanya. Pertengkaran tidak akan membawa manfaat karena kita cenderung tidak bisa berfikir dengan tenang dalam menyelesaikan masalah yang sebenarnya.

Di dalam QS. Al Hujurat ayat 10 disebutkan bahwa “Sesungguhnya orang-orang beriman itu adalah bersaudara. Maka damaikanlah antara kedua saudaramu…”


Kak Nad bersama Bunda Puspa

Bantuan Putri Rania

Sebagai seorang muslim yang baik, tentu kita harus peduli dan membantu sesama. Membantu sesama pun banyak sekali caranya. Salah satunya adalah seperti yang dilakukan Putri Rania. Putri Rania mendatangi para warga dan memberikan sumbangsih berupa pemikiran dan ide-ide sehingga warganya bersemangat mengembangkan kreatifitasnya. Kita pun bisa meniru Putri Rania, lho. Yuk, berikan ide dan pemikiranmu agar lebih bermanfaat bagi sekitar.


Rencana Sang Pangeran
Salah satu perbuatan terpuji yang amat disayangi Allah SWT adalah berusaha menggagalkan perilaku jahat yang direncanakan seseorang. Memang tidak mudah jika orang yang kita sayangi harus digantikan oleh orang lain. Seperti yang dialami Pangeran Jidan.
Kekhawatiran Pangeran Jidan akan ibu tirinya telah membuatnya berniat jahat. Untungnya, Putri Athaya mengetahui rencana-rencana jahatnya dan menggagalkannya. Pangeran Jidan pun pada akhirnya menyadari bahwa selama ini dia telah berprasangka buruk. Ternyata ibu tirinya amat menyayanginya.

Naaah, demikianlah sebagian isi Buku Princess Muslimah dan 9 Mutiara Kasih Sayang. Semoga berkenan, yaa.

Kami sangat berharap buku ini bisa menginspirasi anak-anak agar tumbuh menjadi muslimah yang berkepribadian solehah dan mendidik orangtua agar selalu mencintai mereka, utuh.


Salam,

Fitri Restiana (fr)

0 komentar:

Post a Comment