Alasan Memilih Sekolah Tunas Mekar Indonesia



Sekolah Tunas Mekar Indonesia ; Inspiratif, Inovatif dan Produktif

Gerbang Sekolah Tunas Mekar Indonesia di Lampung

Rabu, 11 Oktober 2017, Tapis Blogger mendapat undangan berkunjung ke Tunas Mekar Indonesia yang berada di Jalan Arif Rahman Hakim, Bandarlampung. Melalui Bang Adian Saputra, 10 blogger akhirnya antusias menerima ajakan sekolah keren tersebut, termasuk saya.

Pukul 08.40 wib saya tiba  di depan bangunan  yang didominasi warna kuning gading itu. Pak satpam menunjukkan tempat parkir di halaman depan.

Situasi yang tenang, nyaman dan bersahabat

Melewati gerbang dengan simbol TMI di atasnya, saya disuguhi pemandangan yang cantik, ceria dan sangat manis. Bagian tengah adalah taman mungil, sementara di sisi kiri kanan terdapat beberapa ruang kelas penuh hiasan berwarna warni. Ada tempelan kata-kata semangat dan prakarya aneka bentuk. Di jendela bertengger botol  minuman yang bisa kapan saja diraih manakala anak-anak merasa haus.

Yang haus silahkan minum, yaa :)


Belajar aktif berbahasa Inggris
Seorang perempuan cantik berhijab merah menyapa ramah, “Dari Tapis Blogger, ya, Mbak? Silahkan langsung ke kanan. Miss Mamik dan teman-teman sudah menunggu di sana.” Saya mengatupkan kedua tangan dan tentu saja membalas senyum manis si ibu.


Di kantin, beberapa teman sudah berkumpul dan ngobrol santai dengan Kepala Sekolah TK Tunas Mekar Indonesia, Sumami namanya. Beliau biasa dipanggil  Miss Mamik. Dari Miss Mamik inilah kami mendapatkan banyak informasi tentang Sekolah Tunas Mekar, khususnya yang SD atau elementary school.
Ngobrol bergizi dengan Miss Mamik, kepala Sekolah TK Tunas Mekar Indoneisa


Lihat, pahami, tuliskan, sebarkan!

Oh iya, sebelum ngobrol cantik, tentu saja kami berfoto-foto terlebih dahulu. Mumpung masih rapi n make up belum luntur. Hihihi.

Memang ada view keren? Banyaaak. Ada taman, lapangan basket, sudut kantin, juga kolam renang. Sejujurnya kami ngiler banget  mau menyeburkan diri. Tapi apa daya, tak mungkinlah, bakalan heboh geger dunia per-blogging-an. J
Kak Meeeeer, kapan kita nyebuuur? :)



Kantin Sehat

Program nurturing

Kantin ini dikelola dengan sangat rapi dan bersih. Ada sekitar kurang lebih tujuh meja panjang yang masing-masing bisa diduduki belasan anak. Snack yang dijual antara lain jus buah, susu, sosis bakar, mpek-mpek, puding, bolu, martabak, popcorn, dan lainnya. Pihak pengelola memastikan bahwa segala bentuk jajanan dibuat tanpa bahan tambahan pengawet, pemanis buatan dan vetsin. 

Lezat, bergizi, dan aman

Proses pembelian tidak menggunakan uang, melainkan berbentuk kupon. Masing-masing anak mendapat kupon secukupnya dari orangtua lalu bisa menukarkannya dengan jajanan yang mereka inginkan. Begitu juga dengan menu  makan siang, diganti setiap hari sesuai harga yang sudah ditentukan.

Kupon ajaib. Bisa ditukar dengan makanan :)


Ini segar sekali, Kisanak!
Karena demi pendalaman materi (baca : kangen jajan ingat masa SD), kami pun mencoba ikutan belanja menggunakan kupon. Berbaris rapi sambil tertawa riang. Sempat juga rebutan jus mangga dan mpek-mpek walau tak sampai dorong-dorongan. Hihihi. Melalui perjuangan panjang, akhirnya saya mendapatkan jus mangga dan tiga potong mpek-mpek. Rasanya, hmmm, segar dan enaaak banget. Keseruannya mengingatkan pada masa kecil begitu menyenangkan.

Makan siang ditemani para guru.
Pemimpin itu selalu di depan. Apalagi soal makan. Tuh, kayak Bang Adian. Hihihihi



Sebelum dan sesudah makan, semua harus bersihkan tangan. :)
Visi Misi Sekolah Tunas Mekar Indonesia

Visi  :
Unggul dalam integritas moral, akademik dan kepemimpinan.

Misi :
1.     Meningkatkan kejujuran siswa
2.     Mengembangkan toleransi di lingkungan sekolah
3.     Menumbuhkan rasa cinta untuk belajar
4.     Menumbuhkan kreativitas siswa
5.     Menciptakan iklim penelitian
6.     Mendorong anak-anak untuk berani mengambil resiko
7.     Menciptakan pemimpin yang inovatif dan visionary
8.     Mengembangkan kerjasama


Untuk merealisasikan visi misi tersebut, langkah pertama yang dilakukan Sekolah Tunas Mekar Indonesia (terutama tingkat SD) adalah memetakan potensi anak sedini mungkin dengan mengedepankan pemahaman mendalam terhadap kemampuan individual yang diharapkan akan berdampak pada penguatan kelembagaan.

Pentingnya inovasi!


Langkah selanjutnya adalah terus melakukan inovasi dan improvisasi dalam banyak hal, seperti melengkapi fasilitas proses belajar mengajar, mengembangkan kapasitas para guru dengan aktif mengikutsertakan dalam training-training tertentu, dan sebagainya (Untuk SD kelas 1, masing-masing kelas terdiri dari 24 murid yang ditangani oleh dua guru atau 2 guru untuk tiga kelas).

Selain mengembangkan kecerdasan akademik,  emosional dan kepemimpinan, yang paling penting adalah memperdalam kecerdasan spiritual. Maka Sekolah Tunas Mekar Indonesia memfasilitasinya melalui program 4 jam pelajaran agama yang terbagi atas dua bagian, yaitu pemahaman umum dan pemahaman terhadap kitab suci. Setiap agama dipenuhi kebutuhannya, seperti guru, buku panduan juga tempat ibadah.

Musola Sekolah Tunas Mekar Indonesia di Lampung

Bagi yang beragama Islam, terdapat musola yang cukup luas. Kami sempat menyaksikan bagaimana anak-anak itu berhamburan mengambil wudhu untuk melaksanakan solat dzuhur berjamaah.  Subhanallah, pemandangan yang menyejukkan mata dan hati. Oh iya, sebelum mulai belajar dan ketika hendak makan pun, mereka diajarkan membaca doa sesuai agama yang dianutnya. Bagi saya, ini sangat baik demi memperdalam cinta terhadap agama sendiri dan meningkatkan toleransi dengan penganut agama yang lain.



Oh iya, bangunan SD ini  terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama adalah kantor, kelas 1, 2, 3 dan toilet. Toilet laki-laki dan perempuan berjarak lumayan jauh (demi menjaga kenyamanan dan keamanan anak-anak serta mengajarkan mereka menghargai diri sendiri juga privacy orang lain). Lantai dua untuk kelas 4. Lantai tiga untuk kelas 5 dan 6.

Adian Saputra. Sama-asma berkacamata


Saat berkeliling, “Tante, Om, ini ada acara apaan, ya? Kok rame?” tanya seorang anak laki-laki berpostur gagah yang datang beserta rombongannya.

Mbak Naqi yang kerennya ampun-ampunan :)

“Oh, iya, maaf. Perkenalkan, Tante dan Oom ini dari Tapis Blogger. Kami mau tahu banyak tentang sekolah kalian. Dari mulai cara belajarnya, fasilitasnya, gurunya, juga muridnya. Boleh, ya? Hmm, kalian senang nggak sekolah di sini?”

“Senang, dong, Tante.”

“Kenapa?” tanya saya ikutan semangat. 

Lalu berhamburanlah jawaban dari mereka.

“Gurunya baik-baik!”
“Temennya nggak suka nyontek!”
 “Kelasnya adeeem!”
“Ada kolam renang!” “
“Makanannya enak-enak!”

Woow! Keren banget, ya. Membuat anak merasa aman dan nyaman adalah salah satu misi dari sekolah ini. Dua jempol, deh, untuk Tunas Mekar Indonesia!



Edisi outdoor.

SMP dan SMA di gedung seberang

Miss Mamik mengenalkan kami dengan Kepala SMA Tunas Mekar Indonesia, Ibu Tri Pujiastuti. Beliau yang memandu kami menelisik ke beberapa ruangan.

Ki-ka : Saya, Ibu Puji dan Merry


 
 Salah satu keunikan di gedung berlantai tiga ini adalah bahwa murid tidak berada di satu kelas selama tiga tahun proses pembelajaran, jadi mereka mendatangi kelas yang berisi mata pelajaran tertentu. Misalnya kelas bahasa Jepang, Arab, science dan sebagainya. Menariknya lagi, kelas-kelas tersebut diberi nama universitas atau tempat-tempat terkenal di Eropa dan negara besar lainnya. “Kami berharap ini bisa menginspirasi,” begitu kata Ibu Puji.




Di sebagian dinding, ditempel kata-kata semangat dari orang-orang terkenal. Saya sempat memandang kagum foto #AndreaHirata yang terpampang jelas di lantai dua. Dan benar kata Ibu Puji, siapapun akan merasa terinspirasi. Buktinya saya jadi termotivasi ingin menjadi penulis keren seperti Andrea Hirata (tolong diaminkan, ya, Temans.. hihihi)



Tepat menjelang adzan dzuhur, kami kembali ke kantin untuk menikmati makan siang. Pakai kupon? Iya, dooong! Tapi kami tak perlu antri seru seperti tadi, soalnya menu kami berbeda dengan anak-anak. Yang sama adalah wajib ada sayuran dan diusahakan bergizi seimbang. Keren, kaan?

Tapis Blogger bersama Kepala Sekolah TK Tunas Mekar Indonessia

Bagi kami, pertemuan kali ini  sangat berkesan. Selain bersua dengan anak-anak smart dan para guru yang penuh semangat, kami juga mendapat hikmah betapa pentingnya merajut ukhuwah dengan tetap mempertahankan akidah. Saling menguatkan, membersamai dan mengedepankan nilai-nilai luhur demi terbangunnya pribadi yang kokoh dan generasi yang tangguh.


Terimakasih, ya, Sekolah Tunas Mekar Indonesia beserta seluruh jajarannya.
Semoga selalu menginspirasi!


Untuk yang ingin mendaftar atau mengenal lebih dekat, silahkan berkunjung ke :
Website       : www.sekolahtmi.com
Email          : info@sekolahtmi.com
Facebook    : Sekolah Tunas Mekar Indonesia
Instagram   : sekolahtmi
Telepon      : 0721-708634
Alamat        : Jl. Arief Rahman Hakim 36, Bandarlampung, 35142

*****

Salam,

Fitri Restiana (FR)
#Penulisbahagia
Instagram : fitri_restiana












0 komentar:

Post a Comment