Tips Menjadi Blogger Super ( Milad 1 Tapis Blogger)


 
Minggu, 3 September 2017.
Tapis Blogger mengadakan kegiatan kelas ngeblog bersama Zetizen Lampung Radar Lampung di acara #Milad1Tapisblogger dengan dua pembicara keren, Naqiyyah Syam (founder Tapis blogger) dan Kak Sandi Prayoga, blogger yang sudah menghasilkan puluhan juta tiap bulannya dari aktivitas ngeblog (silahkan yang mau nelen ludah).

Acara yang dipandu oleh Yoga Pratama -penulis novel Begal Cinta- dan diselingi ice breaking dari Kak Tri Sujarwo ini berjalan hikmat dan seru. Materi yang disampaikan benar-benar bikin mupeng deh pengen jadi blogger sejati. Gimana enggak, coba? Dengan menulis di blog, buku tabungan kita bisa cepet penuh, lo! Ditambah keuntungan lainnya seperti traveling gratis dan  bertambahnya pertemanan. Asyik, kan?
 
kak Tri Sujarwo dan kak Yoga Pratama
Semudah itu? Ya enggak, dong. Kudu pakai ilmu dan tips biar hasilnya kinclong.  Naah ilmunya bisa didapat dari dua pemateri kita.

Pertama, Mbak Naqi menceritakan bagaimana ia sempat gelagapan mengatur waktu antara mengurus keluarga dan dikejar deadline tulisan. Sampai ia menemukan timing yang pas, yaitu saat anak-anak tidur (walaupun ini tidak saklek) atau siang hari kala tiga krucils terkadang bisa diajak bekerjasama. Baginya terus belajar adalah motto yang sangat penting dan mampu menumbuhkan semangat menulis demi menghasilkan sesuatu yang lebih baik lagi. Perempuan yang identik dengan kata smartmom ini selalu terlihat energik dan cerdas. Baginya, menjadi blogger adalah pilihan tepat dan berkah luar biasa bagi ibu rumah tangga karena bisa mengatur rytme kerja sesuai passion. Beliau juga mengajarkan bagaimana mereview produk denga detail dan runut.  

Smart mom yang selalu menginspirasi

Materi kedua disampaikan oleh blogger muda yang baru saja memiliki satu momongan. Menurut Kak Sandi, nge-blog harus dilakukan dengan fokus, tekun, banyak membaca dan mempelajari keadaan. Pria berkacamata ini memaparkan tips-tips menjadi blogger sejati. Antara lain menggunakan judul  dan keyword yang tepat agar tulisan mudah di-search, konten yang menarik dan memenuhi keingintahuan pembaca, informatif, juga menggunakan bahasa yang enak dibaca. Oh iya, mengisi blog juga harus disertai riset, lo. Baik berdasarkan pengalaman sendiri atau tulisan/pengalaman orang lain. Dan ketika suatu saat kita berada di titik jenuh, maka refreshing adalah pilihan terbaik. Bisa dengan jalan-jalan, meneruskan hobby, hunting makanan, apa saja yang membuat kita segar. Kalau Kak Sandi sendiri, refreshing-nya dia bisa jadi bahan tulisan lagi. Nah, loh. Ide ada dimana-mana, bukan? Tergantung kita, apakah mau menuliskannya atau membiarkannya terbawa masa. .

Kak Sandi Prayoga yang pngasilan dari ngeblognya bikin mupeng akut :)

Acara yang dihadiri oleh sekitar 50 peserta ditambah belasan panitia yang semangatnya luar biasa ini tidak saja diminta aktif mendengarkan materi, tapi juga langsung praktek review produk, yaitu Banana Foster Lampung (Hengky Kurniawan), Hometown Dairy Fresh Milk, dan Griya Oebi.  Kok bisa? Iya, doong. Karena sebelumnya kami pernah diminta mereview produk ini dan alhamdulillah mereka puas dengan pekerjaan Tapis Blogger. (lihat http://www.fitrirestiana.web.id/2017/09/hometown-dairy-fresh-milk-susu-murni.html dan http://www.fitrirestiana.web.id/2017/09/griya-oebi-kuliner-lampung-bercita-rasa.html )


Jadilah sembari memfoto produk, kami -terutama panitia- juga ikutan sibuk mengambil gambar keseruan acara, apalagi Mbak Sasa, Kak Tri dan Kak Rangga yang memang sudah terkenal seantero jagat tentang hasil fotonya. See, selain punya kemampuan menulis, blogger juga harus pintar memfoto, lo. 

Kak Sasa dan Kak Rangga (@@info_bdl)


Kak Tri Kurniawan yang cool

Makanya di sesi kedua Milad 1 Tapis blogger nanti (9 September 2017), insyaAllah panitia akan menyelenggarakan acara workshop fotografi dengan pemateri travel blogger yang kerennya berpangkat-pangkat, Kak Yopie Pangkey. Yipppiey!


Yang bikin  peserta tambah semangat adalah saat mereka disuguhi banana foster dan susu segar. Kolaborasi manis dan gurih yang nyuuusss banget. Apalagi Mbak Adita dari hometown dairy orangnya ramah. Jadi tambah asyik deh kita tanya-tanya tentang susu hasil pasteurisasi yang diolah di Terbanggi Besar, Lampung, ini. 

 
Hometown dairy fresh milk
Banana foster

Oh iya, ada lomba live foto di instagram dan blog juga. Doorprizenya dari mana aja? Ini listnya :
1.     Banana Foster
2.     Hometown Dairy Milk
3.     Griya Oebi (voucher)
4.     Zetizen Lampung
5.     Papa Toms
6.     Perut Bulat Resto
7.     @ratnahandayani0510 (instagram)
8.      Buku dari beberapa anggota Tapis Blogger yang berprofesi sebagai penulis buku. (Neny Suswati, Izzah Annisa, Yoga Pratama, Yandigsa, Fitri Restiana)

sebagian doorprize
Mbak Izzah dan Mbak Heni Puspita. Juri live ig yang super ketjeh

Khusus pemenang blog, akan diajak mengikuti kelas fotografi di tanggal 9 September nanti. Asyik banget, kan, yaaaaa?

Keseruan bertambah saat Kak Tri Sujarwo melakukan ice breaking. Aiiih, panitia jadi  pengen ikutan diajak, looh. Xixixi... 



Lanjut dengan foto-foto dengan cake banana foster sebagai kue ulantahunan Tapis Blogger. Nyam..nyam...nyam...

Intinya, acara ini keren pake banget. Walaupun masih ada kekurangan di beberapa bagian, bagi kami inilah sebentuk pembelajaran.

Kak Hermawan dan Kak Novri, panitia yang kecapean :)

Alhamdulillah.
Terimakasih untuk semua yang sudah banyak membantu terselenggarnya kegiatan ini. Semoga kita selalu bersemangat bersinergi membangun Lampung tercinta, Sai Bumi Ruwa Jurai.
Semoga kita mampu merangkai kata dengan bijaksana. Bermanfaat duni akhirat. Aamiin.


#TapisBlogger
#PenulisBahagia
#FitriRestiana






Dua anak blogger. kak Rayyan dan Kak Nad. Awesome :)

 Tanggal 9 September 2017. Di Wira Garden.


Makasih Mbak Izzah, Buku #PrincessMuslimah3 nya difotoin :)

   
Gaya para blogger ngambil gambar. See, betapa seriusnya kami. :)





0 komentar:

Post a Comment