Tips Menjadi Blogger Unggul Ala Kang Arul


Writing, Reading, Branding!

Sabtu pagi di 16 Oktober 2016. Alhamdulillah dapat ijin dari pak honey untuk mengikuti workshop writerpreneur yang diselenggarakan oleh Teknokra Universitas Lampung  dengan Kang Arul sebagai artis tunggal, eh... pembicaranya. Sebelumnya saya kudu ke SDIT Muhammadiyah untuk mengambil sticker gajah bertapis, persiapan launching buku Aku Cerdas Mengelola Emosi pada tangga 29 Otober 2016 nanti. Ehm, J

Sempet mampir ke FISIP yang lagi ada gawean, namun karena waktunya mepet dan tak menemukan sebatang hidung pun teman-teman yang saya kenal (termasuk Mbak Lilih), maka saya memutuskan langsung meluncur ke perpustakaan Unila, tempat workshop berlangsung. O Oya, pesertanya mayoritas mahasiswa Unila dan beberapa perguruan tinggi di Banten, Riau dan Kalimantan.

Makhluk pertama yang saya kenal adalah Mas Rangga. Beliau pemateri pertama di acara perdana #TapisBlogger. (baca keseruannya di sini http://www.fitrirestiana.web.id/2016/09/14purnama-demi-rangga-untung-saya-bukan.html  ). Setelah itu datang berbarengan Mbak Naqiyyah dan Mbak Izzah Annisa, disusul Mbak Lilih tepat sesaat acara akan dimulai. Sempet berhaha hihi sambil selpih, xixixi. Lanjut mengikuti rangkaian acara. Eh tapi ternyata tak sesuai skenario, Aisyah (anaknya Mbak Naqi) yang biasanya anteng, kali ini agak ‘seru’. Ternyata doi ngantuk. So sang emak cekatan langsung mengantar pulang dan balik lagi untuk mengenyangkan kepala.
 
Mbak Lilih selpih. Tapi malah sengaja diedit, :)

Mbak Izzah kelupaan bawa buku-bukunya yang best seller itu. Trus doi nanya gini, Hmm, Mbak Fifi, mau anterin aku pulang ngambil buku, nggak?” Wajahnya itu, looh. Melaassss banget, wkwkwkwk.. Ya karena saya orangnya baik hati *jangan lempar sepatu, jadilah saya mengiyakan setelah sebelumnya sempat lirik2an jahil ama Mbak Naqi pura2 tak mau (sesekali bikin orang nelangsa seru juga, yak, hihihi.. ish.. istighfar--istighfar). Kami pergi setelah suguhan tarian khas Lampang (Sigekh Pengunten) dari para mahasiswi yang mungkin juga penari.

Pertama kali penampakan Kang Arul di dunia nyata, saya langsung menebak orangnya pasti asyik. Beliau bisa menempatkan kapan harus becanda dan serius. Pokoknya kami siap  nyeruput ilmu dari sang @DosenGalau, blogger memukau dan pembicara dengan jam terbang yang bikin silau.. eeeaaaa...

Becandanya aja berkualitas, loh... :)
 Lanjooot,
Materi diawali dengan aktivitas doi di dunia media sosial. Bahwa saat ini medsos menjadi sesuatu yang lebih ‘hidup’. Semua yang dilakukan akan tersampaikan dengan mudah, entah itu benar atau rekayasa. Perasaan seneng, galau, sedih, bahagia, bisa ditampilkan dan mendapat reaksi cepat. Menurut lelaki yang semasa kuliah pernah tinggal di kampus ini, media sosial mampu dijadikan lahan basah dan meraup uang asalkan pintar memilih dan memilah. Instagram dan Blog, misalnya. https://kangarul.wordpress.com/

Fokus Menyimak sang pembicara yang senang wara-wiri :)

Eh, emang gimana? gimana? (peserta mulai kepo tingkat akut, J)

Begini, isi blog dengan tulisan yang kita kuasai dan suka. Jangan lupa, menulis itu selain diniatin juga kudu dikerjain. Biasakan menulis. Membaca buku tentang kepenulisan itu perlu untuk memperkaya wawasan, tapi jangan terpaku pada teori baku. Itu akan membelenggu pemikiran kita. Tulis saja yang ada di kepala. Lupakan susunannya. Endapkan. Baca ulang. Naah, di saat ini kita bisa menjadi self- editor. Meraciknya hingga lebih mengena dan asyik untuk dibaca. Satu lagi, jangan berpikir standar. Cobalah gali dari apa yang tak terlihat/tersembunyi. Menyuguhkan sesuatu yang unik itu merupakan salah satu kebahagiaan tersendiri.

Jangan lupa menshare blog kita di berbagai media seperti facebook, bbm, ig, twitter. Gunakan bahasa yang enak dan tak menggurui. Intinya mah, menggiring temen-temen membuka link kita. Makanya, judul yang keren plus fenomenal tentu menjadi salah satu syarat ketertarikan pembaca. Tapi eits, jangan sampai berbohong n lebay pula, yaaa. Itu akan meningkatkan keidakpercayaan pembaca dan menganggap kita tak bermutu. Duuh...

Aisyah, Naqiyyah, Fitri, Izzah, Rangga dan temannya. SAyang Mbak Lilih duduk di depan. jadi tak kelihatan. hiks..;(

Kang Arul yang penikmat jengkol sejati ini juga mengatakan pentingnya backlink tulisan yang nyambung dengan tulisan kita dan dari orang-orang terkenal. Itu akan meningkatkan jumlah viewer dan insyaAllah akan bermanfaat ganda.

Sebagai contoh tugas, kami diminta menuliskan 5 kata yang ada di pikiran  tentang handphone, lalu membuat cerita dari kata-kata tersebut. Juga merangkai kalimat dengan kata-kata yang diucapkan oleh lelaki yang sudah menulis nyaris 400 buku ini dalam waktu  kurleb dua menit! Wathaaw.. dan kami pun termehek-mehek. Ada yang cuman ngumpulin kertas kosong, ngumpulin tapi tulisannya nggak jelas, malah ada yang salah nyambung, xixixixi.. Ya, begitulah kami. Para penulis pemula... J Tapi tetap kudu semangat, doong!

Enggak sia-sia nganterin Mbak Izah ambil buku. Tuh buku2 kami dipegang oleh para om blogger yang super keren :)

 Intinya, menulislah! Jangan diam dan hanya menanti ilham datang!
Keep writing, reading and branding!

Sebenernya mah banyak banget ilmu yang dishare Kang Arul dan belum saya tuliskan. Semoga suatu saat bisa menyeruput ilmu dari Akang yang satu ini. Siapa tau TapisBlogger berkenan mengundang dan ngajak makan jengkol bareng, eh ngopi bareng, hehehe

Terimakasih TeknokraUnila, Kang Arul, TapisBlogger, PerpustakaanUnila dan semua pihak yang sudah membantu terselenggaranya acara keren ini.

Ayo, Lampung bersinergi, membangun literasi!

My Ig Fitri_ restiana
Fb Fitri restiana


10 komentar:

  1. Jiaaaah, dibahas, wkwkwk... Btw makasih banget ya, Mbak Fifi, udah nganterin aku. Lain kali aku bawa2 terus deh, buku2ku ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk.. point pentingnya adalah.. best seller... itu.. *bukuFavoritArung. 10 pahlawan Islam.. 😀

      Delete
  2. Keren bahasaannya, aku mupeng euy pengen ramean lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiiap. Meluncur kitah di Hari Kamis. InsyaAllah... 😀

      Delete
  3. Wuah penulis keren lagi nulis, jadi langsung menunduk nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iddih.. menunduk.. dolar dari adsensenya jatuh, Mas Ju? Saya bantu pungutin, deh... xixixi.. 😀😀

      Delete
  4. Keren sangat bermanfaat - jika saja tak ada jadwal mandu resepsi pasti aku ikut gabung - tapi tulisan ini saja sudah kasih info penting banged - penyambung perihal yang kang Arul itu sampaikan .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duuh.. saya mupeng banget ketemu mc nyentrik ini looh. Suweeer. Semoga Kak Indra berkenan hadir di acara launching buku saya di gramedia karang tanggal 29 oktober jam 1 siang. Aamiin. *ngarepLevel100.. 😁😁

      Delete
  5. Sedih gak bisa ikut. Bulan ini adalah bulan2 sibuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami pun begitu. Kurang greget tanpa kehadiran dirimu... hiks.. smg tgl 29 kita bisa ketemuan, yaaa.. aamiin.. aamiin.. 😀

      Delete