Tips Cantik Tampil Ciamik (Menjadi Moderator dan Pembicara yang Baik)



“Bisa ya, Mbak. Materiya terserah aja. Yang penting berhubungan dengan kepenulisan,” inbox seorang guru SD yang belum pernah bertatap muka dengan saya.

“Hmm, saya sudah lama tak tampil formal di depan orang banyak,” tolak saya halus dan  sedikti ragu.

“Ini anak-anak SD, kok. Enggak formal. Bisa ya, Mbak? Oke?” desaknya dengan emot senyum yang banyaak banget.

Saya sempet terdiam kisaran 20 detik. “Oke, InsyaAllah saya akan bikin powerpointnya.” Kali ini saya menjawab lebih percaya diri. Dan, di waktunya, alhamdulillah saya bisa tampil (berusaha) maksimal dengan banyak persiapan. Ih, kayak mau ngasih materi ke orang penting aja. Sebanyak apa sih persiapannya?

Mengisi Materi Kepenulisan di SDIT Permata Bunda, Bandarlampung




Semangat anak-anak mengerjakan tugas kelompok
****
Baik sebagai pemandu acara di arisan kampung, pemateri kepenulisan maupun moderator, saya memiliki tips cantik yang membuat lebih percaya diri dan berusaha tampil maksimal. Memang sih masih jauh dari sempurna, tapi setidaknya saya belajar memformulasikan tips berdasarkan bacaan dan seumprit pengalaman.

1.      1. Konfirmasi jauh-jauh hari
Saya akan menolak permintaan menjadi moderator (baca: dan atau pembicara) jika waktunya mepet, misalnya dua hari sebelumnya. Bukannya sombong, justru saya khawatir tak akan bisa tampil maksimal serta profesional. Konfirmasi jauh-jauh hari sebeblumnya akan mematangkan materi, berkomunikasi intens dengan panitia. Dan yang pastinya akan membuat kita siap lahir dan batin. (Ih, kayak mau jadi pengantin, hehehe). 

2.   2.      Persiapkan materi
Mempersiapkan tema apa yang dibutuhkan oleh audience merupakan syarat penting terselenggaraanya acara tertentu. Saya akan meminta ToR dan mencari materi dari buku-buku atau internet. Banyak membaca dan membuat ringkasan materi akan memudahkan kita dalam membuat tampilan slide yang cantik dan menarik. (jika menjadi pemateri). Untuk moderator, mepelajari rundown dan mempersiapkan cv pembicara merupakan syarat mutlak dan tak bisa diganggu gugat.

 3. Mental dan Fisik kudu prima
Ini tak kalah penting, loh. Mental yang tangguh dan fsik yang sehat dan ceria tentu akan membuat kita tampil lebih prima. Bagaimana kita bisa mempengaruhi audience jika kita terlihat kusut, tak bersemangat dan tak pede.

Ngemce Launching buku Izzah Annisa, Komilk 10 Pahlawan Islam, TB. Fajar Agung, Bandarlampung

4.       
      4. Jaga penampilan
Ini mengenai kostum dan cara berbicara di depan. Sebagai moderator yang baik, tetaplah sederhana dan tak terlalu terlihat menonjol. Pakailah pakaian biasa dengan warna dan motif yang sederhana. Ingat, artisnya bukan kita, lho. Jangan sampai perhatian audience terpecah oleh kita. Kecuali kalau kita memang sudah keren dari sananya, hehehe.


  
Memoderasi Seminar parenting 'Deteksi Dini Orientasi Seksual pada Anak' oleh Sinyo Egie, Hotel Emersia, 2 April 2016








Peserta Seminar Deteksi Dini Orientasi Seksual  pada Anak

5.  5.    Kenali audience

Dengan mengenali siapa saja yang ada di hadapan, maka kita akan lebih bisa memahami apa kebutuhan dan metode yang tepat dalam menjalankan roda acara.

Memoderasi Talkshow Kepenulisan FLP bersama Sinta Yudisia, Izzah Annisa dan Ikhsan Aura, Universitas Malahayati, Bandarlampung


Demikian tips  cantik nan sederhana dari saya. D InsyaAllah Anda akan tampil lebih baik. Yang paling utama mah, DOA. Supaya Allah berkenan memudahkan dan melancarkan segalanya. Aamiin.

Akan ada tulisan kedua dengan tema “Lima Kesalahan Fatal Sang Moderator.” Stay tune, yaaa... J



4 komentar:

  1. Cieeee, Mbak Fifi emang cucok jadi bu pemateri cantik dan MC kondang.

    ReplyDelete
  2. Asyik, mantap dah. Sukses selalu ya, Mbk. Tinggal masukin gamesnya, mbk :)

    ReplyDelete
  3. Haisyaahh.. ini pan judule berbagi seumprit ilmu. Xixxi.. entar ada bagian 5 kesalahan fatal tampil di depan...

    Makasih Mbak Penulis nan pemalu n unyu, Mbak Izzah.. (10 pahlawan islam). πŸ˜€

    ReplyDelete
  4. Siap, Mak Ketua TapisBlogger... makasih support luar biasanya yaaa.. Mbak Naqiyyah Syam.. πŸ˜€

    ReplyDelete