Tips Agar Anak Nyaman Mengikuti Outing Class



Kemarin Tegar Arung Nusantara mengikuti outing class ke #LembahHijau. Empat kelas anak kelas1 SDIT Muhammadiyah Gunungterang terlihat tak sabar ingin segera berangkat.

Persiapan outing class dipandu oleh Pak Rohmat
 Sehari sebelumnya, doi semangat banget menyiapkan semua kebutuhan. Crayon, pinsil warna, meja tenteng, aneka cemilan, sampai lauk apa yang ingin dibawa. Tadinya doi kekeuh minta bawain gulai ayam, tapi berhubung bahan tak lengkap, sang emak membujuk agar menunya diganti dengan ayam sambal dan tumis kangkung. Berhasil? Hhhmm, butuh perjuangan panjang hingga akhirnya doi menganggukkan kepala, hehehe.

Bekal utama. Yang lain-lainnya lupa dipoto, hehe
 Semua perlengkapan sudah terpenuhi. Dengan ceria dan semangat 45 Arung memasuki sekolah. Sepertinya personil sudah lengkap. Tak lama kemudian Pak Rohmat, PJ outingclass segera mengkondisikan anak-anak agar berkumpul di lapangan.

“Anak-anak! Dalam sehari, sholat subuh berapa kali?”
“Duau, Paaak..”
“Sholat dzhuhur?”
“Empat, Paaak..”
Dan seterusnya sampai isya.



“Naah, sekarang Bapak tanya, jawabannya tak boleh sama dengan yang tadi, ya. Sholat subuh berapa rakaat?”
“Dua, Paaak.”
“Sholat dzuhur?”
“Empaaat..”

“Looh, kok jawabannya sama?” lanjut Pak Rohmat tertawa.
“Hahahahaa...” Semua jadi ikutan tertawa.
“Naah, kalau pertanyaannya berapa kali, jawabannya satu semua, ya. Kalau berapa rakaat, baru, deh. Subuh dua, dzuhur empat, dan seterusnya. Oke!”
“Iyaaa, Paaak!”

Lanjut sedikit petuah dan doa. Sesudah itu anak-anak berhamburan lumayan tertib menuju kendaraan. Kalau tak salah hitung, ada tiga mobil abonemen, enam angkot jurusan Kemiling dan satu mobil pribadi yang meluncur. Rupanya tak hanya kelas satu saja yang melaksanakan outing class hari ini. Ada kelas dua juga. Tapi tujuannya ke perpustakaan daerah.

Saya n emak-emak yang enggak ikut mah cuman poto-poto, ngobrol dengan guru sebentar, dadah-dadah, trus pulang, deh. Sambil berdoa, semoga perjalanan ini berkah, selamat pergi hingga pulang dan memberi banyak kebahagiaan bagi semua. Aamiin.
 
Sebagian emak-emak yang mau melepas anak-anak outing class
Naah, tips supaya anak-anak merasa nyaman ketika mengikuti outing class antara lain :

1.     Mengingatkan dan mengajak berdoa mohon perlindungan pada Allah SWT
2.     Siapkan semua bekal makanan kesukaannya. Jika tak bisa menyanggupi, bujuklah mereka beberapa jam sebelumnya. Jangan terlalu dekat dengan pelaksanaan outingclass.
3.     Walau bagaimanapun, siapkan baju salin dan handuk kecil. Untuk jaga-jaga ketika baju mereka terlalu kotor atau basah
4.     Ingatkan untuk menjaga tas/barang pribadi. Kalau ingin bermain, titiplah pada bapak ibu guru. Intinya, ajarkan mereka untuk bertanggung jawab atas barang miliknya.
5.     Ingatkan untuk tidak jauh-jah dari lokasi rombongan. Tidak boleh memisahkan diri dan melaporkan jika ada teman yang mengajak bermain keluar arena.
6.     Ingatkan untuk tidak menerima apa pun dari orang yang tak dikenal. Apalagi diajak ke suatu tempat. Lari dan berteriak jika mendapat perlakuan yang tidak sopan dan berbahaya. Intinya, ajarkan anak melindungi dirinya sendiri. Kesannya parno, ya? Tapi begitulah seharusnya. Karena kita tak ada di samping mereka dan mereka berada dalam lingkungan yang baru dan amat sangat ramai.

       Alhamdulillah, ketika pulang Arung bercerita dengan semangat dengan penuh bahagia. Terimakasih Bapak, Ibu guru dan semuaaa....:)


       
Bersiap nge-game! Yeaaay!
Sebagian foto dari Bu Sri dan Bu Yani     
Bahagia itu pilihan..
 

 Demikian tips dari saya. Semoga berkenan, yaa. Besok insyaAllah mau posting kebahagiaan saya menemukan harta karun di tanggal tua, xixixixi.

Salam cinta,
#CintaTanpaSyarat

6 komentar:

  1. Kebahagiaan anak = kebahagiaan orang tua :D

    ReplyDelete
  2. He em banget,Mas Jum. Melihat tawa mereka serasa memiliki sebagian semesta. Tsaaah.m 😀

    ReplyDelete
  3. Aku SD nya di Muhammadiyah 1 Gresik #InfoPenting hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tsaah. Sama kita. Aku muhammadiyah bandarlampung #jadiinInfoPenting.. maksa.... hahaha

      Delete
  4. Anakku senang kalau outing class. Katanya bosan kalau di kelas terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. He em, Mbak Anisa. Emaknya juga ikutan seneng karena kesempatan nyoba2 resep cemilan yang agak heboh dikit. Xixxii..mksih kunjungannya, Mbak... 😊

      Delete