Harta karun di Tanggal Tua



Mentang-mentang akhir bulan (tanggal tua maksudnya), para emak sering ngerasa agak galau binti nelangsa. Amplop kosong, transferan belum masuk, ditambah lagi request anak-anak yang minta dibikinin atau dibuatin cemilan, menambah deret panjang alasan kegelisahan tak mau hilang (iih, kok jadi curhat, hehehe).

Soal amplop dan transferan, silahkan diselesaikan dengan cara yang bijak dan dalam suasana keakraban, ya, xixixi. Biasanya setelah senyum kiri-kanan dan pakai bujukan maut, para bapak akan memberikan dompetnya, mempersilahkan sang istri mengambil berapapun yang dimau (untuk golongan tertentu, loh). Tapi banyak juga para bapak yang cuman mengangkat bahu sambil bilang gini, “Kan uang belanja sudah Ayah serahin semua ke Ibu. Pinter-pinter ngaturnya dong.” Atau ada juga yang menjawab dengan delikan mata dan suara yang menggelegar (ih, jangan sampe dweeeh). Kalau sudah begitu, biasanya si istri menciut dan nyumput di balik bantal, antara ngegerundeng ama menyesali nasib (ealaaa... lebray banget, yaak)


Udah, ah. Enggak boleh gitu, bismillah aja ngejalanin semua. Kudu banyak-banyak bersyukur. Bukankah Allah akan menambah nikmat-Nya bagi mereka yang bersyukur? Naah, jangan khawatir kalau suami tak bisa menepati janji. Berpegang aja sama Sang Penepat Janji. (Jadi berasa kultum, hehehe. Mohon maaf pemirsah)

Inti dari prolog di atas adalah, kita sebagai emak kudu pinter-pinter bikin cemilan, eaaa.. balik lagi ke masalah tanggal tua, hehehe. Naah, untuk masalah ini, bolehlah saya berbagi cerita, Tapi kalau masalah amplop n transferan, ehm.. rahasia lah, yaaw.... J

Jadi kemaren, saya membuka kulkas yang isinya mulai sepi. Lirak-lirik, heem, ada sedikit bahan-bahan kue yang bisa disulap jadi cemilan menggiurkan. Ada setengah kotak keju kraft, setengah bungkus meses ceres,  terigu, telur, margarin, susu dan fermipan. So, ayolah kita buat MARTABAK manis! Yeaaay! Anak-anak menyambut gegap gempita demi membayangkan akan terjadi COOKING CLASS ala Bu Fifi, hihihi. Dan seperti biasa, si bujang hobby ‘ngasih masukan’ (protes) dan si bungsu mengaduk adonan yang bisa tiga kali tumpah-tumpah dikit. Tak apalah, kita nikmati aja prosesnya, jawab emak sok bijak. Dalam hati mah gumam gini, “Yaaah, si Adek. Pan sayang tuh bahan kue kebuang.” Hehehe. EmakIrit... J

Bahan-bahannya :

1.      400 gr terigu (adanya segitiga biru. Bagusnya sih yang protein tinggi semisal cakra gituh)
2.      300 m air matang atau kira-kira saja, boleh diganti susu cair semisal ultra. Kalau enggak, pake susu bubuk juga oke.  
3.      Dua butir telur
4.      4 sendok makan gula.
Aduk hingga rata.

Masukkan :
5.      3 sendok makan margarin (boleh leleh dingin boleh minyak makan)
6.      Sejumput garam halus
7.      Terakhir setengah bungkus fermipan.
Aduk sampai rata. Diamkan lebih kurang 15 menit.

Naaah, selagi nunggu, kami main petak umpet dulu, deh. Lumayan bolak-balik dalam rumah. Dapet 12 kali jaga n cukup ngos-ngosan.. fhiiuuh..

Setelah agak mengembang. Letakkan  teflon di atas api kecil. Tuang dua sendok sayur adonan ke dalam teflon.. Di bagian pinggir  dibuat kulit biar kriuk. Setelah agak berlubang, tutup. Masak sampai matang.
Olesannya boleh pakai apa aja. Kami pakai susu kental manis, ceres dan keju.
Rasanyaaa... hmmm.. nyammmyyyy... Ueenaaaak banggetssshh *di atas banget.

Martabak Manis Homemade yang enaak banget :)

Udahan dulu ya. Kami mau menikmati tiga piring martabak homemade yang enak membahana. Siapin amunisi untuk main petak umpet lagi.. eh.. J







3 komentar:

  1. Eh kalo kulkas mulai sepi, kira2 isi yg tersisa kesepian ngak yaaa ??? gahaaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi.. pastinyaaa... doi galau. Sama lah ama yang punya kulkas.. xixixi.. terimakasih kunjungannya, Kak cumilebay Maztoro.. 😀

      Delete
    2. Hihihi.. pastinyaaa... doi galau. Sama lah ama yang punya kulkas.. xixixi.. terimakasih kunjungannya, Kak cumilebay Maztoro.. 😀

      Delete