Selamatkan Generasi Muda dari Bahaya Disorientasi Seksual

Resensi Buku Lo Gue Butuh Tau
Sinyo Egie
Gma Insani
****
Alhamdulillah dimuat di Harian Umum Lampung Post edisi Jumat 17 Juni 2016. :)



Membaca judulnya, mungkin banyak orang yang akan mengernyitkan dahi dan berpikir bahwa isi buku ini adalah pro-LGBT. Tidak, justru judul buku yang merupakan kependekan dari Lo Gue Butuh Tau ini merupakan salah satu langkah edukatif untuk menolak agar fenomena LGBT tidak meluas dan merusak generasi bangsa. Di dalamnya dikupas tuntas segala hal yang berhubungan dengan orientasi seksual ditinjau dari kacamata psikologi, sosial dan agama. Disampaikan melalui gaya bahasa yang ringan, informatif dan padat. Sangat pas untuk orangtua terutama para remaja.


Buku dengan dominasi warna biru kuning dan terdiri dari 124 halaman ini,  terbagi atas 6 bab dan bonus pertanyaan yang biasanya sungkan dijawab oleh orangtua. Bab 1 dan 2 mengupas seluk beluk orientasi seksual. Seperti mengapa muncul disorientasi seksual, apakah itu diturunkan dari genetik dan bagaimana menyikapi teman yang memiliki ssa (same sex attraction). Di bagian ini juga didisertakan beberapa tips penting dalam menjaga pergaulan agar tidak terjerumus dalam dunia ssa (halaman 33)

Bab 3 berjudul ‘LGBT Menurut Islam’, merupakan kajian yang sangat penting dalam memperkuat pondasi generasi muslim. Bahwa Islam jelas menolak dan melarang tindakan seksual sesama jenis. Pemaparan di bab ini disertai ayat-ayat Al quran dan hadist yang mengisahkan betapa Allah SWT melaknat mereka yang melakukan hubungan seksual sesama jenis seperti yang dilakukan kaum Nabi Luth (halaman 48)

Lalu bagaimana jika kita memiliki teman yang ssa?  Jangan dijauhi, apalagi dicela. Dekati dengan cara bijak dan santun. Arahkan mereka ke jalan yang benar. Tapi ingat, jika kalian tak sanggup, anjurkan padanya untuk mengikuti pendampingan dengan konselor, psikolog atau ahli agama. Ini bisa menjadi langkah awal untuk mengerem berkembangnya arus ssa dan  lgbt. Bab ini juga membeberkan tips jitu agar hidup kembali ke fitrah seperti : harus memperkuat niat, tobat nasuha, hapus segala yang berhubungan dengan lgbt (video, foto dan kontak), perbanyak ibadah, melakukan kegiatan fisik/olahraga dan bersabar (halaman 65)

Kisah-kisah perjuangan mereka yang ssa membuat pembaca meneteskan airmata. Bagaimana mereka menghadapi hasrat yang sulit dipendam, ejekan dari lingkungan, ketakutan terhadap calon pasangan, hingga keinginan untuk mengakhiri hidup. Kisah nyata yang dikemas dalam cerita ini membuat kita harus lebih cerdas dan bijak menghadapi saudara kita yang terkena ssa. Atau ada juga kisah tentang seseorang yang tadinya normal,  lalu terjerumus ke dalam dunia ssa/gay disebabkan pergaulan dan pertemanan. Yang awalnya hanya iseng dan ingin tahu, lama kelamaan akhirnya terjerumus. Itulah pentingnya oangtua menjaga hubungan baik dengan anak dan teman-temannya. Berusaha memposisikan diri sebagai teman bagi anak merupakan langkah awal dalam usaha ‘membentengi’ mereka dari pergaulan buruk di luar sana. Tapi ingat, harus dilakukan dengan cara yang asyik dan membuat mereka nyaman. Dan yang paling penting adalah menanamkan nilai-nilai agama sedini mungkin. Untuk kiat dan metodenya, buku ini memaparkan dengan lugas dan tuntas, bagaimana orangtua dan lingkungan harus bersikap.

Di bab 6, Sinyo Egie, sang penulis sekaligus pendiri Yayasan Peduli Sahabat menegaskan bahwa pacaran bukanlah solusi untuk menjelaskan bahwa kita ‘normal-normal’ saja. Dia juga memberikan penjelasan ringkas dan padat bagaimana anak-anak siap menghadapi masa pubertas sesuai dengan tuntunan agama dan norma. (halaman 90)

Sungguh ini merupakan buku edukatif yang sangat mencerahan. Sangat dibutuhkan bagi remaja yang ingin mengetahui masalah orientasi seksual. Dan yang menariknya lagi, di tiap bab terdapat lembaran tanya jawab yang berhubungan dengan masing-masing tema. Penulis berhasil memaparkan dengan gaya bahasa remaja, tetap santun, penuh canda dan sangat mengena.

Judul Buku      : Lo Gue Butuh Tau
Penulis             : Sinyo Egie
Penerbit           : Gema Insani 
Tebal Buku      : 124 hlm ; 20 cm
ISBN               : 978-602-250-303-3
Tahun terbit     : April 2016