Formasi-G. Desain Baru Membangun Negeri




 
Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh!

Kalimat pemersatu bangsa Indonesia ini berlaku sepanjang jaman. Kalau dahulu ditujukan untuk menggalang persatuan menghadapi serangan penjajah, maka saat ini, rangkaian kata itu sangat cocok digunakan untuk menghadapi gencarnya pasar global, terutama MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Kesiapan kita tentu tak bisa ditunda-tunda lagi. Karena di akhir tahu 2015, kita sudah bersepakat bahwa akan ada banyak produk dari negara lain yang bisa dan boleh masuk ke Indonesia.


Tapi tentu saja ini bukan merupakan hambatan. Justru seharusnya menjadi cambuk agar kita bisa berbuat lebih baik lagi. Maka mempersiapkan segala sesuatu mulai dari sekarang merupakan kewajiban jika kita tak ingin dikatakan tak mampu menghadapi pasar gobal.

Lalu, apa yang harus kita persiapkan? Sangat banyak. Mulai dari meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pengelolaan sumber daya alam, produksi barang (termasuk bagaimana prosesnya) hingga ke teknik penjualan. Agar semua bisa berjalan dengan sistematis dan terintegrasi, maka diperlukan sebuah wadah demi terbangunnya Indonesia berkualitas.

#Formasi-G merupakan salah satu forum yang dibentuk untuk memahami kondisi global melalui proses berpikir, bersikap dan mencari solusi dalam menghadapi gempuran bisnis dari segala arah, baik hulu maupun hilir. Dengan harapan, para insan Indonesia memiliki perhatian terhadap isu-isu global, kemudian mau bersama-sama berbagi dan berbakti, sehingga daya saing Indonesia di kancah global meningkat dan siap menyambut globalisasi sebagai anugerah.

Forum dengan motto “Kebersamaan, Terus Berbagi, Terus Berbakti” ini merupakan sebentuk wadah berakumulasinya berbagai ide, kepentingan dan aneka jenis usaha/kegiatan. Digagas oleh #Dr. Suyoto Rais yang kembali ke Indonesia setelah 25 tahun merantau di Jepang, Eropa, Cina dan Thailand. Pengalamannya sebagai pimpinan perusahaan manufaktur Jepang, dibagikannya melalui kerja cerdas sebagai dosen tamu di ITB. Selain itu, Suyoto juga aktif menjalin network dengan para alumni Jepang dan luar negeri lainnya.
#Formasi-G membuka kesempatan pada putra-putri bangsa untuk berkontribusi demi membangun negeri. Siap membantu produk/manusia Indonesia agar bisa berjaya di pasar domestik; membantu meningkatkan nilai tambah produk/manusia Indonesia agar bisa diterima di pasar global; membantu pemerintah/instansi terkait menggali, memetakan dan mengembangkan potensi nasional untuk membangun “Indonesia Corporation” yang kokoh.

Dengan bersatu, maka kita akan lebih kuat dan siap!

0 komentar:

Post a Comment