Tips Agar Makanan di Hari RAya Tak Terbuang Sia-sia

http://www.ummi-online.com/tips-agar-menu-makanan-hari-lebaran-tidak-terbuang-siasia.htmlhttp://www.ummi-online.com/tips-agar-menu-makanan-hari-lebaran-tidak-terbuang-siasia.html

Inilah tips agar makanan hari  lebaran tidak terbuang sia-sia. Simak selengkapnya…
Hampir di setiap perayaan Lebaran, kita disuguhkan dengan menu makanan yang serba enak dan biasanya berasal dari bahan yang serba mahal. Opor ayam, rendang, gulai, pindang, adalah beberapa menu yang diusahakan harus ada di setiap rumah. Banyak orang yang memaksakan diri untuk bisa menikmati variasi makanan ini.


Fenomena ini kita jumpai hampir di semua lapisan masyarakat. Makan enak dan penampilan keren merupakan ‘kewajiban’ di hari raya. Adalah sesuatu yang baik bila dilakukan secara realistis dan sesuai dengan kemampuan. Tapi apabila sampai memaksakan diri untuk bisa menikmati semua itu, tunggu dulu. Islam tidak mengajarkan hidup boros dan berlebihan. Islam selalu mengajarkan tawadhu atau sederhana dalam bersikap dan bergaya hidup. Karena berlebihan dan tidak berhemat itu semakin mendekatkan diri pada syetan dan kekufuran.
Salah satu cara untuk berhemat adalah menyiasati menu sisa Lebaran. Biasanya, mulai di hari ketiga pasca lebaran, kita sudah bosan dengan menu serba santan dan daging. Mau dibuang, tentu saja berdosa. Mau dimakan, sepertinya perut sudah tidak bisa menerima.
Maka dari itu, kita harus cerdas mengolah dengan baik makanan sisa lebaran.
1.Mengolah opor dan rendang. Setelah dipanaskan, isi atau dagingnya dicuci atau disuwir-suwir, tambahkan aneka sayuran dan bumbu, bisa dijadikan isi risoles, martabak atau  roti panada.
2.Menu ikan goreng atau ikan bakar. Daging ikan dipotong kecil-kecil, digoreng asal lalu ditumis dengan cabe hijau dan bumbu dasar. Lebih mantap dinikmati dengan nasi yang baru tanak.
3.Sisa minuman buah atau aneka sirup. Minuman yang sudah terbuka bisa diolah dengan menambahkan sedikit gula,masukkan ke dalam plastik ukuran es balon, lalu simpan ke dalam freezer. Setelah beku, biasanya menjadi jajanan yang lezat dan segar di saat banyak warung yang masih belum buka.
Nah, sahabat ummi yang cerdas, makanan sisa lebaran akan berubah bentuk menjadi variasi menu baru yang sangat bermanfaat. Selain hemat, kita juga bisa tetap makan enak. Silahkan mencoba.
Foto ilustrasi: google
Profil penulis:
Ibu penulis yang memiliki dua putra. Berdomisili di Bandarlampung. Ingin ngobrol dan berkenalan, silahkan sapa di www.fitrirestiana@web.id atau FB https://www.facebook.com/fitri.restiana.  Dijamin, akan disambut dengan senyum tulus dan secangkir coklat panas.
Artikel ini bermanfaat berbagi dengan sahabat Anda


Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (whatsapp)
Berlangganan WEB MAJALAH UMMI masukkan email Anda, lalu kllik Subscribe

1 komentar:

  1. iya harsu bisa diolah lagi supaya gak mubazir :)

    ReplyDelete