Jurus Segar Berpuasa, Setelah Niat, Lalu…

Menjalani puasa dengan nyaman adalah harapan yang wajib dipenuhi. Dengan suasana nyaman, maka ibadah yang lain akan dapat kita jalankan secara maksimal. Bagaimana jadinya apabila Rukun Islam ketiga ini dilaksanakan dalam keadaan sakit dan dipenuhi berbagai keluhan? Seperti lemas, haus, lapar dan malas melakukan sesuatu? Wah, kita akan rugi berkali lipat. Sudah menderita, tak optimal pula. Duh ruginya.

Untuk dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik, maka niat adalah syarat utama. Tanpa ini, puasa akan gugur. Tahap berikutnya adalah mengkonsumsi makanan dan minuman sehat. Euphoria berbuka biasanya diawali dengan menu yang manis dan segar. LIdah sebagai indera perasa menjadi raja. Mengutamakan kesegaran, enak dan bisa menghilangkan dahaga, tak perlu sehat. Padahal, usus dan perut akan merasakan dampak dari perbuatan lidah yang tidak mau berkompromi dengan kesehatan.

Berbicara mengenai kesehatan, tentu kita akan segera melirik kepada sang sayur dan buah, apalagi dalam bentuk jus. Whuuih, mantap. Jus buah merupakan makanan kaya serat. Dengan mengkonsumsi jus di saat puasa, tubuh akan mendapatkan tenaga dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh.
Lha, berbuka kok dengan jus? Bukannya bisa sakit perut?
 Eits, nanti dulu. Lihat-lihat jusnya dong. Kalau jus jeruk, Ya iyalah bakal mules dan bikin nggak nyaman. Tapi bagaimana dengan jus buah lain? Mmh, pasti segar. Jus buah yang bisa dan baik dikonsumsi saat berbuka antara lain semangka, melon, pisang dan pepaya. Oiya, usahakan tidak memakai gula ya. Seandaikan mau pun, pakai brown sugar saja, karena kadar Indeks Glisemiknya rendah. Atau memakai stevia, pemanis buatan yang berasal dari daun stevia.

Nah, kalau sudah asyik dan nyaman berbuka dengan jus, sahurnya bagaimana? Ya nge-jus lagi. Tapi kali ini dalam porsi kecil, karena perut sudah diisi dengan karbohidrat yang sangat dibutuhkan sebagai sumber energi dan tenaga. Kalau bosan, silahkan coba jus sayur, terutama bayam dan sawi. Iih, apa rasanya ya? Awalnya memang aneh, tapi kalau sudah terbiasa, maka manfaat akan dirasa. Karena banyak mengandung serat, maka jus sayur akan membuat perut tahan lapar alias kenyang lebih lama. Untuk menghindari rasa yang kurang bersahabat, bisa ditambah dengan pisang atau sedikit aroma segar dari buah-buahan.

Yang masih penasaran dengan pengolahan jus dan beragam manfaatnya, Buku Detox Juice bisa dijadikan panduan untuk menciptakan variasi minuman sehat terutama di saat Ramadhan. Buku karya Greiche Dian ini mengupas puluhan menu jus yang bisa disantap setiap saat. Puasa tetap segar? Minum Jus dengan teratur. (Fifinusantara.blogspot.com)

0 komentar:

Post a Comment