Dahsyatnya Dampak ODOA!


Sudah pernah ikut kompetisi tanpa persaingan? Tanpa ada perebutan juara dan semangat saling mengalahkan?. Kalau belum pernah, kasian deh. Beruntunglah saya yang sudah pernah ikut, ODOA nama kompetisinya. 
 
ODOA itu One Day One Article, modelnya hampir mirip dengan ODOJ (One Day One Jus). Tapi ODOA ini merupakan ajang kompetisi yang luar biasa mantap dan seru!. Di kompetisi ini peserta dituntut untuk mengembangan gaya kepenulisan berdasarkan release yang diberikan oleh Sang Guru, Indari Mastuti. Untuk Anda yang mempunyai minat besar dalam kepenulisan, kompetisi ini banyak sekali manfatnya. Selain mengasah otak, peserta juga dituntut mencari informasi dari beberapa link di interet, bahkan bisa wawancara melalui FB, twiter atau media sosial lainnya. Sebelum tahu dampak dahsyatnya, yuk kita simak prosesnya. 

Kompetisi ini sangat unik. Semua peserta adalah perempuan, terutama ibu-ibu rumah tangga bukan penulis yang punya kemauan besar untuk bisa menulis, bahkan membuat buku. Ya ampuuun, ibu-ibu? Lalu, kalau mereka sibuk menulis setiap hari, bagaimana dengan tugas domestik dan peran lainnya di luar rumah?. Bukankah tugas seorang ibu itu menggunung, nggak selesai-selesai, bahkan setelah jam 12 malam berdentang? Pertanyaan bagus. Ehm. Membayangkannya memang akan membuat semangat mengendur. Tapi tidak, ibu-ibu disini tidak pernah mau membayangkan, tapi mereka ‘melakukan’, menulis, menulis dan menulis. Untungnya lagi, kompetisi ini bebas waktu, bebas uang alias gratis, bebas dari campur tangan pihak ketiga dan yang paling penting, bebas dari perasaan negatif. Semua dilakukan secara perlahan dan mengalir tenang.

Karya peserta ODOA (yang bersumber dari release sang guru) harus diposting kebeberapa kanal, misalnya Kompasiana dan bog pribadi. Nah, serunya, banyak beberapa karya mak-mak ini yang masuk highlight, headline dan mencapai puluhan bahkan ratusan pembaca. Whuih, untuk penulis pemula, tentu ini merupakan prestasi yang amat sangat membanggakan.
Dampak lainnya lagi adalah, semakin akhir, tulisan peserta mulai terasa ruhnya. Pujian dan kritikan dari sang guru dan sesama peserta, menjadi bumbu penyedap asli, bukan buatan. “Selamat ya mbak, tulisannya masuk headline”, “Saya kurang suka isi tulisannya”atau “Ayo, tetap semangat” adalah hasil ketikan jari yang membakar semangat seluruh peserta.

Dahsyatnya ODOA semakin berasa ketika pengumuman pemenang dan direkrutnya peserta yang aktif kedalam team Indscript. Wow, dahsyat plus kereeen.

Oiya, sebentar lagi akan ada pegumuman pemenang. Sebelum diucapkan oleh teh guru, saya ucapkan selamat ya. Semoga perjuangan tak pernah berhenti. Mengasah kemampuan diri dan berbagi didasari niat hanya karena Allah semata.

Dengan sikap saling menyemangati dan cinta sepenuh hati, sampailah saya di sini, di detik terakhir kompetisi ODOA. Tak ada yang bisa saya ucapkan selain terimakasih sangat kepada Teh Indari Mastuti, Sang Guru dan Mbak Wuri Nugraeni selaku asisten guru, yang selalu menyempatkan memberi komen dan membaca postingan bahkan di saat malam menjelang, di sela kesibukan yang luar biasa. Maaf kami hanya mampu mengucapkan terimakasih, terimakasih dan terimakasih. Kepada sahabat group NIAT yang luar biasa dengan segala kemurahan hatinya. Jauhnya jarak yang membentang diantara kita, ternyata tak bisa mengalahkan rasa sayang, saling membutuhkan dan saling menyemangati. Semoga Allah berkenan menjadikan kita perempuan hebat dan tangguh, selamat dunia dan akhirat, aamiin. 

(Fifinusantara.blogspot.com)

Bandarlampung, 27 Juni 2014
Untuk IIDN, terutama guruku, Indari Mastuti dan sahabat NIAT
Semoga kita selalu mencerahkan

2 komentar:

  1. waaah kok saya sampai ketinggalan tidak ikutan ODOA ya...rugi besar nih......btw, blognya sudah bagus mbak, gak perlu banyak iklan...yang penting blog itu loadingnya ringan, dan tulisannya enak dibaca. Saya suka sama tulisannya mbak........

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah.. makasih banyak ya Mbak @Sri Wahyuni.. senang Mbak Sri berkenan mampir... kalau ada event, monggo undang saya yaa.. hihihi.. sekalian mau belajar sama ahlinya... :)

    ReplyDelete