LATIH ANAK MENYAMBUT RAMADHAN


Sebagai seorang muslim, puasa adalah kewajiban sekaligus kebutuhan. Kewajiban karena puasa termasuk dalam Rukun Islam. Kebutuhan, karena dengan puasa kita butuh mengontrol seegala nafsu duniawi. Menjalankan puasa harus dilakukan dengan ikhlas dan diajarkan sedini mungkin kepada anak-anak kita, agar kelak dewasa mereka tidak mengalami kesulitan menjalankan ibadah ini.
Mengajarkan puasa kepada anak adalah kewajiban orangtua. Banyak orangtua yang permisif memberikan kelonggaran kepada anaknya yang sudah kelas 4 SD untuk tidak menjalankan puasa karena khawatir anaknya  tidak kuat dan sakit. Padahal, apabila diajarkan dengan cara yang baik, anak akan senang dan bangga bisa menjalankan puasa. Mengisi waktu dengan kegiatan rohani bersama teman-teman.
Sebenarnya tidak ada kesulitan yang berarti mengajarkan anak berpuasa, asalkan kita mau sabar dan memberi contoh dengan baik. Mulai dari sekarang, ciptakan suasana bahagian menyambut Ramadhan. Misalkan dengan menghias kamar anak melalui tempelan kertas warna-warni yang berisi  kalimat-kalimat penambah semangat, “Asyiik, Ramadhan segera tiba!”, “Aku bisa dan biasa berpuasa !”, “Ya Allah, terimalah ibadahku” dan sebagainya. 

Lalu, latih anak menjalankan ibadah sunnah sebelum ramadhan, tak perlu rutin, cukup sekali atau dua kali. Untuk pemula, orangtua bisa ‘mengiming-imingi’ hadiah, misal akan memberi makanan atau barang kesukaannya yang sesuai kantong apabila anak bisa menjalankan puasa sampai jam 10, keesokan harinya perpanjang  sampai jam 12, begitu seterusnya sampai anak sanggup menjalankan puasa penuh dengan senang hati. Jangan lupa berusaha menghidangkan makanan berbuka dan sahur dengan gizi yang seimbang dan sesuai anggaran. Pilih menu yang menarik dan menggugah selera seluruh anggota keluarga.
Dan yang paling penting, ajarkan anak untuk selalu berdoa dan meluruskan niat, bahwa Allah mengajarkan kita berpuasa agar kita rmenjadi lebih bersyukur, berempati kepada mereka yang hidup dalam kesulitan serta menumbuhkan cinta  pada Allah SWT dan seluruh makhluk ciptaanNya.  Semoga berhasil. Fitri_restiana@yahoo.com


0 komentar:

Post a Comment